Jumat, Juli 1

Stop Memikirkan Tulisan Anda

Stop “memikirkan tulisan” anda, maksudnya berhentilah memikirkan kualitas tulisan anda, sebelum anda menjadi penulis yang profesional. Novakovic pernah berkata "menulislah jangan berpikir". saya sangat yakin akan nasehat itu. Seseorang yang akan memulai menulis, jika terlalu memikirkan kualitas tulisannya dia tak akan pernah menjadi penulis, karena kesempurnaan dalam menulis hanya akan ada, jika seseorang itu menulis dan terus menulis.

Terlalu banyak semangat-semangat yang patah atau ide-ide cemerlang terbuang, hanya karena terlalu banyaknya aturan-aturan menulis yang diketahui, sehingga seseorang yang akan memulai menulis memiliki ketakutan-ketakutan tersendiri. Seperti pertanyaan apakah tulisan saya nantinya akan memenuhi kaidah-kaidah penulisan? Atau apakah tulisan saya disukai banyak orang?

Saya tidak melarang anda membaca buku-buku tentang menulis, tapi apakah anda hanya terpaku pada materi-materi yang membuat anda enggan untuk menulis? Mungkin anda sama saja seperti beberapa dosen yang setiap harinya menghujani mahasiswa dengan teori-teori tentang menulis, tapi dia sendiri tidak pernah menulis, ironis memang. Sama halnya dengan anda yang hanya membaca atau mengetahui teknik-teknik menulis, tapi tidak pernah menulis. lebih mulialah seseorang yang tidak mengetahui teknik-teknik menulis, tapi selalu mencoba untuk menulis.

Mulailah menulis. Kesempurnaan tulisan anda akan semakin lengkap jika anda pernah memulainya dan tak pernah mengakhirinya. Sama seperti yang anda baca saat ini, tulisan ini merupakan hasil dari pembelajaran saya dalam menulis. Stop memikirkan tulisan anda, sekarang Ferdinaen Saragih (Sigodang Pos).

Menulis Lainnya

7 komentar

bener bang, aku nganut cara menulis bebas, menulis apa saja yang terlintas di otak tanpa terlebih dulu disunting. setelah kata2 habis di otakku baru aku menyuntingnya. bisa leluasa dan luwes menulis :D

bagus sob artikelnya...jgn lupa jga komen balik di blogku ya

he3 bener sob, kadang kl bikin tulisan susah bgt mulai kata pertamanya pdhal ide di kepala udah banyak bgt.
makasih buat infonya & selalu berkarya dimanapun kita berada :)

ahh,, thengs sob,, setelah baca ini,, ane jadi makin PD buat nulis. keereenn ;)

setuju banget kak

Salam dari blogger Jogja :)

hehehehe, bener banget sob, enakan tulis aja yang ada di kepala

Betul menulis tidak perlu dipikirkan..pasang inilah pasang itulah..
yang penting menurut ma2d tulisan kita itu bermanfaat dan satu lagi menulis itu pakai hati..

IBX5829BEFF42CDB
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top