Perkembangan Sastra Anak Indonesia

Perkembangan sastra anak di Indonesia telah ditunjukan dengan hadirnya karya anak-anak terbitan Mizan. Misalnya saja, Novel Little Cuties karya Alleya Hanifa Ariane (Alline, 11thn) yang diterbitkan oleh DARi Mizan ini sangat bagus untuk bacaan pada kalangan anak-anak, bahkan bukan hanya kalangan anak saja, tetapi juga orang dewasa atau orang tua yang ingin mengetahui keinginan-keinginan seorang anak yang sering tidak disadari oleh orang tua itu sendiri.

Dari segi penulisan, seperti gaya bahasa yang ringan dan penuh dengan kejadian-kejadian yang terjadi pada dunia anak itu sendiri, menjadikan novel ini dapat menarik perhatian untuk kalangan anak yang gemar membaca. Rasa bosan seorang anak pada saat membaca sebuah buku ataupun cerita dapat dihindari dengan memberikan bahan bacaan yang bercerita tentang dunia anak itu sendiri. Penulis dalam novel Little Cuties ini benar-benar mampu melukiskan kejadian-kejadian yang sering dialami seorang anak, dengan menggunakan bahasa yang polos. Sehingga keinginan, ide dan gagasan yang dilukiskan tidak didominasi oleh bahasa orang dewasa. Hal inilah yang menarik keingintahuan seorang anak untuk membaca dan terus membaca cerita ini.

Bagaimana lika-liku perjuangan seorang Fira (tokoh utama) untuk meraih keinginannya tanpa harus dimusuhi oleh sahabat sejatinya (Zira dan Devita). Yang pada akhirnya dia mampu meraih keinginannya untuk memenangkan FAJ, juga mempertahankan persahabatannya dengan sahabat sejatinya. Kejadian seperti inilah yang sering dialami seorang anak dalam dunia nyatanya. Suatu pergumulan, dan tidak banyak dari anak itu dapat melewatinya, sehingga anak tersebut mengalami tekanan yang berkepanjangan. Hal ini dapat membentuk kehancuran jati dirinya hingga menjadi ia dewasa.

Dengan adanya novel Little Cuties ini, akan memberikan pembaca (anak-anak) sebuah pelajaran yang bisa diterapkan dalam pergaulannya. Seperti perjuangan yang dilakukan oleh Fira dalam cerita ini, dapat menjadi contoh bagi anak-anak lainnya. hal ini dapat membentuk seorang anak yang tidak mudah putus asa dan selalu percaya diri. Diharapkan dengan munculnya novel Little Cuties ini, dapat memberikan motivasi pada anak-anak lainnya yang ingin berkarya/menulis, sehingga dapat menambah kazanah sastra anak Indonesia, karena kita tau sendiri masih sangat minimnya sastra anak di negri ini Ferdinaen Saragih (Sigodang Pos).

Sastra Lainnya

4 Responses to "Perkembangan Sastra Anak Indonesia"

  1. mudah2an bisa meningkatkan minat baca anak2 Indonesia

    ReplyDelete
  2. Semoga saja banyak lahir Mijan-Mijan lain di negara ini,sehingga satra anak Indonesia bisa lebih semarak dan beragam!Nice post Gan!

    ReplyDelete