Senin, Juni 27

Mendaur-ulang Tulisan Sebelumnya

Mendaur-ulang ternyata tidak hanya bagian dari sampah. Seorang blogger juga bisa mendaur-ulang artikel-artikel sebelumnya hingga menjadi artikel yang lebih bermanfaat lagi. Setiap artikel pasti memiliki sebuah kekurangan, baik dalam segi bahasa, tanda baca, hingga pada maksud yang ingin kita tuju. Mungkin sama saja dalam sebuah percintaan, selalu ada masalah. apakah itu kecil atau besar. Yang seyogianya bisa diperbaiki, sehingga tidak terjadi perpisahan atau perceraian. Maaf, sedikit ngelantur ke soal percintaan, semoga tidak terbawa perasaan.

Baiklah saya lanjutkan ke pembahasan yang sesungguhnya. Tadi saya mengatakan bahwa setiap artikel itu memiliki kelemahan. Mari kita membaca kembali artikel-artikel yang pernah diposting sebelumnya. Cari bagian-bagian mana saja yang membuat artikel itu tidak menarik, norak, entahlah apalagi, yang berpengarung negatif. Mungkin sebuah kata, frasa atau kalimat yang menjelma sebagai sampah. kata-kata yang tidak bermanfaat tersebut bisa sobat buang atau sobat ganti dengan kata-kata yang lebih baik tentunya. sehingga artikel tersebut lebih menarik hingga mendekati sempurna.

Sebuah artikel yang menarik akan membuat pengunjung blog atau web kita merasa nyaman. Pengunjung pun akan mengulangi kebiasaannya untuk membaca, tentunya di blog Sobat. hal itu akan menambah kepopuleran situs sobat dalam waktu yang cukup panjang. Saya pikir hal ini sangat berpengaruh. Saya telah memperhatikannya dari beberapa blog saya. Yang perlu diingat, buatlah sebuah artikel yang minim sampah. Jika dalam artikel penuh sampah, pembaca akan merasa enggan untuk membacanya, apalagi untuk berkunjung di lain waktu. Mungkin demikian dulu, semoga bermanfaat Ferdinaen Saragih (2011: Sigodang Pos).

Artikel Terkait

4 komentar

wah bang boleh sedikit nanya gak? nah kalo artikel yang kita buat udah lebih dari 100 kan juga repot kalo harus nyunting semua satu persatu? bukannya lebih baik gini ya bang, kita buat postingan baru, terus sebelum di post mending di pratinjau dulu dibaca disitu pasti ketemu dah kata2 yang gak enak :) bisa diganti disitu kan bang. gimana bang? kalo gak efektif maaf.. :)

Boleh juga tu sob.
Tapi kalau memang ada waktu, apa salahnya kita edit lagi tulisan yang kurang pas. atau tulisan tersebut kita rombak, baik judul maupun cara penyampaian, kemudian kita posting ulang. tanpa menghapus postingan sebelumnya.

tip yg sangat menarik, sebisa mgkin kita selalu lebih baik dari kemarin2 . .
sehingga pengunjung pun datang lebih2 :D

Terima kasih infonya sobat. Sangat bermanfaat.

IBX5829BEFF42CDB
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top