Alergi Susu Sapi

Alergi adalah suatu kegagalan kekebalan tubuh terhadap bahan-bahan tertentu. sistem kekebalan tubuh manusia berfungsi untuk melindungi dari bahaya infeksi, jika Sistem kekebalan tubuh ini menyerang virus atau bakteri yang ada dalam tubuh, dapat menyebabkan jatuh sakit.

Alergi bisa terjadi karena makanan, infeksi atau faktor lingkungan. Semua makanan, pada prinsipnya, dapat menjadi penyebab alergi, hanya derajatnya berbeda. Ada yang mudah membuat alergi dan ada yang jarang membuat alergi. Ada beberapa makanan yang harus dipantang seumur hidup, misalnya seafood. Tapi ada pula yang hanya dipantang untuk beberapa saat, seperti alergi susu sapi.

Pada anak penderita alergi, atau punya bakat alergi, sistem kekebalan tubuh tidak berjalan dengan baik, karena reaksi tubuh terlalu berlebihan. Reaksi alergi pada anak dapat terkena pada semua organ, seperti kulit, mata, saluran pencernaan, saluran napas, dan sistem saraf. Seperti yang dikutip dari aksisadaralergi.org, Gejala-gejala kompleks akibat alergi terhadap susu sapi adalah sebagai berikut:

1. Diare terus-menerus
2. Terdapat darah/mucus pada feces
3. Seringkali muntah-muntah
4. Gatal-gatal pada kulit
5. Masalah pada pernapasan
6. Tidak berhenti menangis
7. Berat badan sulit bertambah

Bayi yang Alergi terhadap susu sapi, dikarenakan sistem kekebalan tubuh bayi tersebut tidak dapat membedakan protein susu dengan virus atau bakteri yang masuk kledalam tubuh. Respon dari kekebalan tubuh kita terhadap protein susu sapi dan juga gejala-gejala akibat dari hal tersebut, dinamakan reaksi alergi. Respon kekebalan tubuh akibat alergi susu sapi seringkali muncul hanya dalam jangka waktu beberapa menit setelah bayi mengkonsumsi susu dan mungkin berlangsung atau berkembang dalam jangka waktu beberapa jam sampai beberapa hari.

Berbagai keterbatasan alat tes diagnosis yang umum tersedia pada saat ini juga menyebabkan alergi susu sapi tertunda untuk diketahui. Data menunjukkan, alergi susu sapi diderita oleh 3 sampai 7,5 persen bayi di seluruh dunia. dr Badriul Hegar SpA (K), alergi susu sapi disebabkan oleh reaksi tubuh terutama imunoglobulin E yang berusaha menolak salah satu atau beberapa protein susu sapi. (Republikaonline. 28 Desember 2008. Mengapa Bayiku Alergi Susu?)

Alergi susu sapi pada prinsipnya dapat disebabkan oleh dua faktor yaitu genetika dan lingkungan. Anak yang punya faktok genetik atau keturunan alergi, tidak alergi kalau tidak bertemu dengan faktor lingkungan. Sebaliknya, jika lingkungan penuh zat-zat alergi, anak tidak akan alergi kalau tidak ada faktor genetik (keturunan).

Kesehatan Lainnya

16 Responses to "Alergi Susu Sapi"

  1. Wah...pantesan anak bayi gak boleh minum susu kaleng apalgi susu sapi ya...larangan keras buat bayi!! hehe..saya malah baru tau nih kang...makasih dah mau berbagi kang...

    BalasHapus
  2. Terima kasih u/ artikel-nya. Jadi ngat lagi teori tentang Alergi. Setahu saya, Alergi adalah Peristiwa keluarnya Mast Cell dari inti Cell. Hingga berakibat timbulnya reaksi alergi.

    Reaksi alergi yg kita sering jumpai diantaranya : Kulit memerah, radang, gatal, dsb.

    Kalau penyebab Susu, saya belum tahu dan temukan artikel ilmiahnya. Saya lebih setuju jika, reaksi2 diatas, bukan reaksi Alergi akibat Susu, tapi

    Efek Samping dari Minum Susu. Terima kasih, Nice Post! :)

    BalasHapus
  3. tukeran link y, link sudah sy pasang di footer blog saya dg nama Sigodang Pos silahkan cek

    BalasHapus
  4. wah kok bisa alergi susu sapi ni,,btw susu kuda mo pale,,,he,,he,,,,

    BalasHapus
  5. wArtikel yang sangat bermanfaat.. salam kenal sahabat :D

    BalasHapus
  6. Pha kabar shob....
    "Minal aidin wal faidzin"
    Wah ko bisa ya minum susu az alergi.. kasian bayinya!! tp kan kl bayi dah adi ASI, bapakx br minum susu sapi.. :D

    BalasHapus
  7. waah artikel yg bagus nih , tapi alhamdulillah saya gak alergi sama apapun :D hehehe

    BalasHapus
  8. baru tau deh aku kalo ada alergi susu sapi..thanks yah atas sharenya

    BalasHapus
  9. aku tidak alergi susu sapi, karena memang tdk suka susu sapi.... kalau mau minum kebayang ama sapinya sih...

    BalasHapus
  10. wah nice info gan...
    saya baru tau susu bisa alergi...

    BalasHapus
  11. sama kayak saya gan, tapi kalau saya cuma diare..

    BalasHapus
  12. artikel yang bagus..
    terimakasih atas info nya.

    BalasHapus
  13. saya tidak pernah merasakan seperti itu berarti saya tidak alergi susu sapi bro.

    BalasHapus
  14. bahaya juga yah kalo sampe alergi susu sapi...
    soal nya produk-produk makanan yang menggunakan susu pasti pake nya susu sapi.

    BalasHapus
  15. kasihan juga yah orang yang alergi terhadap susu sapi..
    padahalkan susu sapi baik untuk kesehatan.

    BalasHapus